Dompet Terbaik untuk TON

Estimated read time 5 min read

TON (The Open Network) adalah platform blockchain yang menarik pengguna dengan skalabilitas, kecepatan transaksi, desentralisasi, dan biaya minimal. Integrasi dengan Telegram telah memberikan TON basis pengguna yang signifikan. Dompet untuk Toncoin (TON) adalah alat penting untuk penyimpanan yang aman, pengiriman, dan penerimaan cryptocurrency. Ini memberikan pengguna alamat unik dan kunci pribadi untuk mengakses dan mengelola token. Saat memilih penyimpanan terbaik untuk TON, penting untuk memahami perbedaan antara dompet kustodian dan non-kustodian.

Dompet Kustodian dan Non-Kustodian

Pada dompet kustodian, kunci pribadi disimpan pada layanan pihak ketiga. Ini memberikan pengguna akses cepat dan nyaman ke aset melalui aplikasi atau situs web. Platform utama dan terpercaya, seperti bursa cryptocurrency, dapat menawarkan tingkat keamanan tinggi dan layanan pelanggan yang sempurna. Namun, dompet kripto semacam itu tidak memberikan kontrol penuh kepada pengguna atas kunci. Secara teori, token bisa hilang jika layanan tersebut diretas atau bangkrut.

Dompet non-kustodian memungkinkan pemiliknya memiliki kontrol penuh atas kunci. Pengguna menjadi independen dari pihak ketiga, meningkatkan tingkat privasi. Namun, pengguna bertanggung jawab sepenuhnya atas keamanan kunci, dan jika kunci hilang, akses ke cryptocurrency bisa sangat sulit dipulihkan.

Kami telah menyusun beberapa dompet dari berbagai jenis yang dapat dianggap terbaik untuk menyimpan token TON. Masing-masing menawarkan solusi canggih untuk mengelola aset kripto.

Cropty Wallet

Dompet kustodian yang merupakan platform multifungsi, nyaman, dan aman untuk pemegang token, menawarkan banyak fitur seperti dukungan multi-jaringan, konversi cryptocurrency otomatis, dan dukungan 24/7. Selain itu, TON dapat digunakan dalam aplikasi sebagai jaminan untuk memperoleh pinjaman cryptocurrency. Pengguna dapat menggadaikan token mereka dan menerima pinjaman dalam cryptocurrency lain, seperti USDT.

Fitur:

  • Dompet ini memiliki antarmuka yang sederhana dan intuitif, membuatnya mudah diakses bahkan untuk pemula dalam industri kripto. Pengguna dapat dengan mudah mengelola aset mereka, melakukan transaksi, dan memantau portofolio mereka secara real-time;
  • Aplikasi ini tersedia untuk iOS dan Android;
  • Kunci pribadi disimpan secara lokal di media yang aman, meningkatkan tingkat keamanan dan kontrol atas dana. Dompet ini juga mendukung autentikasi dua faktor, memberikan lapisan perlindungan tambahan;
  • Dompet ini mendukung banyak cryptocurrency populer, termasuk Bitcoin, Ethereum, dan lainnya, memungkinkan pengelolaan semua aset dengan nyaman di satu tempat;
  • Dalam aplikasi, pengguna dapat dengan mudah mengonversi token antara berbagai jaringan blockchain, membuat pengelolaan aset kripto lebih fleksibel dan nyaman;
  • Tim pengembangan menyediakan dukungan sepanjang waktu untuk menyelesaikan masalah atau permasalahan dengan dompet.

TonKeeper

Salah satu solusi paling nyaman dan populer untuk menyimpan dan mengelola TON. Dompet non-kustodian ini memungkinkan pembelian koin dengan kartu bank. Fitur penting dari dompet kripto ini adalah layanan staking. Pengguna dapat menyimpan koin dan mendapatkan bunga untuk berpartisipasi dalam mendukung blockchain Gram dan memberikan suara pada keputusan penting jaringan.

Fitur:

  • Teknologi enkripsi canggih untuk melindungi dana dan data;
  • Integrasi dengan berbagai layanan dan aplikasi terdesentralisasi;
  • Kemampuan untuk membuat dompet kripto Gram baru atau mengimpor yang sudah ada;
  • Pemantauan saldo yang nyaman dan melihat riwayat transaksi secara rinci, termasuk alamat pengirim dan penerima, jumlah, dan waktu eksekusi;
  • Kecepatan pemrosesan transaksi tinggi menggunakan kode QR;
  • Beberapa tingkat keamanan, termasuk kode PIN dan autentikasi biometrik.

Telegram Wallet

Dompet digital kustodian yang terintegrasi ke dalam messenger populer Telegram memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mengirim, dan menerima cryptocurrency TON dengan aman. Ini dibuat dalam format bot chat untuk menyederhanakan proses interaksi dengan koin, membuatnya dapat diakses oleh khalayak luas.

Fitur:

  • Transfer koin langsung dalam dialog tanpa komisi;
  • Transaksi dan data pengguna dilindungi oleh metode enkripsi canggih;
  • Transaksi instan berkat teknologi blockchain TON;
  • Menerima cryptocurrency melalui kode QR;
  • Platform P2P bawaan untuk membeli dan menjual koin;
  • Dukungan untuk aplikasi terdesentralisasi.

Ledger

Baru-baru ini, dompet non-kustodian perangkat keras dari Ledger juga mulai mendukung penyimpanan TON. Untuk menyimpan koin, pengguna dapat menggunakan perangkat Ledger Nano S, S Plus, dan X. Diperlukan untuk memperbarui firmware, menginstal aplikasi TON Network melalui Ledger Live, dan menggunakan MyTonWallet untuk mengelola TON.

Fitur:

  • Dukungan untuk lebih dari 5500 cryptocurrency berbeda;
  • Integrasi dengan dompet dan aplikasi populer untuk mengelola aset kripto;
  • Konfirmasi transaksi melalui layar pada perangkat untuk mencegah serangan phishing;
  • Memulihkan akses ke aset menggunakan frase pemulihan jika perangkat hilang atau rusak.

Dompet Mana yang Harus Dipilih?

Seperti yang Anda lihat, setiap dompet yang diulas menawarkan tingkat keamanan tinggi dan berbagai fitur tambahan. Tips berikut akan membantu Anda membuat pilihan:

  • Jika kontrol maksimum atas token adalah prioritas Anda, pilih dompet non-kustodian. Jika kenyamanan dan dukungan lebih penting, pilih yang kustodian;
  • Jika Anda seorang pemula dan tidak yakin tentang menangani semua aspek teknis dari solusi perangkat keras, dompet kripto kustodian seperti Cropty Wallet atau Telegram Wallet akan lebih mudah digunakan;
  • Ingatlah bahwa dompet kustodian lebih rentan terhadap peretasan, jadi penting untuk mempercayakan aset Anda hanya kepada layanan yang andal. Dompet kripto non-kustodian lebih aman dalam hal kontrol kunci tetapi memerlukan penyimpanan yang bertanggung jawab.

Pengguna berpengalaman menyarankan untuk menyimpan investasi cryptocurrency jangka panjang pada dompet non-kustodian perangkat keras dan menggunakan bursa serta layanan untuk transaksi sehari-hari. Dari sini, dapat disimpulkan bahwa dompet terbaik untuk TON adalah yang kustodian, karena token ini lebih sering digunakan untuk pembelian dan transfer antara orang-orang daripada untuk penyimpanan jangka panjang guna meningkatkan modal.

Bambang Wijaya

adalah seorang penulis dan ahli cryptocurrency terkenal di Indonesia. Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dalam industri ini, ia telah menjadi salah satu sumber acuan utama bagi orang-orang yang ingin mempelajari tentang cryptocurrency. Tulisannya yang terkenal jelas, komprehensif, dan mudah dipahami, membuatnya dihormati di dunia cryptocurrency di Indonesia. Bambang juga aktif sebagai pembicara dalam berbagai seminar dan konferensi terkait cryptocurrency.

You May Also Like

More From Author

4Comments

Add yours
  1. 1
    Adrian Surya

    Dompet kustodian memberikan kenyamanan akses dan keamanan tinggi bagi pengguna, namun tidak memberi kepemilikan sejati atas aset kripto. Lebih baik memahami risiko dan manfaat sebelum memilih dompet untuk TON.

  2. 2
    IkaSinar

    Menurut saya, penting untuk memilih dompet non-kustodian untuk TON untuk memastikan keamanan dan kendali penuh terhadap aset kripto. Dompet kustodian mungkin menawarkan kenyamanan, namun seringkali mengorbankan prinsip dasar desentralisasi dalam blockchain.

  3. 3
    AndiniWidyaningsih

    Menurut saya, sebagai pemegang cryptocurrency, penting untuk memilih dompet yang tepat untuk TON. Saya lebih memilih dompet non-kustodian karena memberikan saya kendali penuh atas aset saya tanpa harus mengandalkan pihak ketiga. Keamanan dan privasi menjadi prioritas utama bagi saya dalam menyimpan TON. Terima kasih atas informasinya!

  4. 4
    Annisa

    Menurut saya, dompet non-kustodian lebih baik karena memberikan pengguna kendali penuh atas kunci pribadi mereka. Dengan demikian, keamanan aset kripto akan lebih terjamin. Saya lebih memilih untuk memegang kendali langsung terhadap investasi saya tanpa melibatkan pihak ketiga.

+ Leave a Comment