Bagaimana Membeli Cryptocurrency dengan Uang Fiat

Estimated read time 5 min read

Demam cryptocurrency sedang melanda sejumlah besar investor yang ambisius. Untuk bergabung dengan “klub,” setiap pendatang baru membutuhkan apa yang tak tergantikan untuk perdagangan crypto—mata uang digital. Di mana mendapatkannya? Sangat mudah—beli dengan uang fiat. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana melakukannya dengan cepat, menguntungkan, dan tanpa risiko. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan cara menyimpan cryptocurrency dan menjelajahi dua metode utama untuk membelinya, lengkap dengan panduan terperinci.

Menyimpan Aset Crypto: Wallet dan Bursa

Menurut analis dari Immunefi, sejak awal 2024, para peretas telah berhasil mencuri lebih dari $200 juta dari proyek-proyek crypto. Oleh karena itu, sebagai pertahanan terhadap pelaku kejahatan, langkah pertama menuju manajemen aset digital yang efektif dan aman sebaiknya adalah memilih metode penyimpanan yang optimal. Sangat nyaman untuk menyimpan cryptocurrency di wallet atau di bursa.

Wallet bisa bersifat kustodial atau non-kustodial. Cara non-kustodial untuk menyimpan cryptocurrency sangat aman tetapi tidak selalu nyaman dalam penggunaan. Kami menyarankan untuk memperhatikan wallet dingin seperti Trezor dan Ledger, yang dianggap sebagai solusi modern paling aman untuk penyimpanan aset digital.

Sebaliknya, metode kustodial lebih nyaman dan lebih cepat digunakan tetapi kurang aman. Kami merekomendasikan Cropty Wallet: alat yang sangat baik untuk mengelola dan menyimpan cryptocurrency dengan tingkat perlindungan tertinggi dan dapat diakses dari setiap perangkat.

Banyak pedagang menggunakan akun pertukaran mereka sebagai fasilitas penyimpanan. Keuntungan besar adalah kemudahan pemulihan akun dan aset. Di antara berbagai pertukaran cryptocurrency, kami merekomendasikan ByBit. Manfaatnya termasuk dukungan selama 24 jam, tidak ada verifikasi KYC, kecepatan transaksi tinggi, dan kontrol penuh atas dana Anda.

Membeli Cryptocurrency: Melalui P2P dan Exchangers

Membeli kriptovaluta di Indonesia tidak sepenuhnya legal, tetapi juga tidak dilarang. Bank Indonesia (BI) telah melarang lembaga keuangan memfasilitasi atau mengizinkan perdagangan kriptovaluta. Namun, perdagangan kriptovaluta di bursa berjangka komoditas tidak dilarang. Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) mengatur perdagangan kriptovaluta di bursa. Secara total, sekitar 12,4 juta orang di Indonesia memiliki kriptovaluta.

Metode paling sederhana untuk membeli koin digital adalah melalui platform P2P dan exchangers khusus. Mari kita telaah masing-masing pilihan dengan lebih detail.

P2P

Metode ini memungkinkan pembelian langsung aset crypto dari pengguna lain. Prinsipnya adalah sebagai berikut: Anda menemukan iklan dari seseorang yang bersedia menjual crypto, mentransfer jumlah kesepakatan yang ditentukan ke rekening elektronik bank mereka, dan kemudian pihak lawan mengirim koin kepada Anda.

Dalam kasus ini, ada risiko bertemu dengan penipu yang akan mengambil uang dan menghilang. Oleh karena itu, untuk memastikan keamanan transaksi, keterlibatan penjamin atau layanan escrow diperlukan. Tugas mereka adalah memastikan bahwa para peserta memenuhi kewajiban mereka. Platform P2P menangani ini dengan memblokir cryptocurrency dalam akun layanan tersebut dan mentransfernya kepada pembeli hanya setelah uang fiat dikreditkan.

Penipuan dalam P2P tidak mungkin. Jika pihak lawan gagal mengonfirmasi penerimaan pembayaran dalam waktu yang dialokasikan, pembeli dapat memberikan layanan tersebut dengan bukti atau bukti transaksi. Dalam hal ini, rating penjual akan diturunkan, dan mereka juga mungkin dikenakan denda.

Keuntungan membeli cryptocurrency melalui P2P adalah kesederhanaannya. Pembayaran dilakukan seperti mentransfer uang dari satu kartu ke kartu lainnya. Metode ini mungkin tampak berisiko, tetapi dalam kenyataannya, semua platform P2P populer menjamin keamanan sepenuhnya untuk setiap peserta transaksi.

Keuntungan lain dari metode ini meliputi:

  • Komisi lebih rendah dan kurs pertukaran yang lebih menguntungkan dibandingkan dengan pertukaran terpusat, yang memungkinkan penghematan signifikan pada transaksi besar;
  • Pilihan metode pembayaran yang beragam (transfer bank, dompet elektronik, sistem pembayaran, dll.);
  • Tingkat privasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan pertukaran terpusat (layanan P2P umumnya tidak memerlukan prosedur KYC);
  • Kelenturan pembelian kapan saja dan di mana saja.

Bagi mereka yang tertarik dengan metode pembelian ini, kami merekomendasikan platform P2P di ByBit. Kami telah menulis panduan terperinci yang menjelaskan langkah demi langkah bagaimana membeli cryptocurrency menggunakan layanan P2P.

Platform Pertukaran

Platform pertukaran adalah platform komersial yang memperoleh keuntungan dari selisih kurs mata uang antara pembelian dan penjualan koin digital (spread). Metode ini memungkinkan pembelian legal cryptocurrency tanpa verifikasi menggunakan uang fiat (melalui transfer kartu bank atau dompet digital).

Layanan pertukaran secara independen mencari cara-cara legal untuk dengan cepat menghindari pembatasan potensial untuk membuat proses pembelian sepraktis dan secepat mungkin bagi pengguna. Namun, mereka menagih biaya untuk ini: sering kali, kurs untuk pembelian terlalu tinggi, sementara untuk penjualan, terlalu rendah (dibandingkan dengan penawaran pasar).

Algoritma pembelian sangat sederhana, menyerupai proses pengiriman uang melalui perbankan seluler. Selain membeli dengan uang fiat, cryptocurrency lain juga dapat digunakan. Pembayaran dilakukan seolah-olah membeli barang, jasa, atau sebagai transfer P2P dari satu akun ke akun lainnya (dari orang ke orang).

Keuntungan utama membeli cryptocurrency melalui platform pertukaran meliputi:

  • Kecepatan. Setelah pembayaran, mata uang digital hampir langsung dikreditkan ke akun, yang nyaman untuk pembelian cepat.
  • Anonimitas. Banyak platform tidak memerlukan verifikasi KYC (Kenali Pelanggan Anda).
  • Keamanan. Exchangers menggunakan protokol keamanan dan sistem pembayaran yang andal, meminimalkan risiko penipuan.
  • Kemobilitas. Anda dapat menukarkan uang fiat untuk cryptocurrency dari perangkat apa pun yang memiliki akses internet.

Jika Anda berencana menggunakan layanan pertukaran, kami sarankan untuk menggunakan layanan BestChange. Dengan bantuan ini, Anda dapat menemukan titik pertukaran yang sesuai, membandingkan kondisi dari berbagai layanan, dan memilih yang paling menguntungkan. Kami juga telah menyiapkan panduan terperinci untuk Anda, di mana kami menjelaskan langkah demi langkah cara membeli cryptocurrency melalui platform pertukaran.

Rizky Ayu

adalah seorang penulis yang berfokus pada topik cryptocurrency dan teknologi blockchain. Dengan pengalamannya yang luas dalam bidang ini, Rizky telah banyak menulis artikel dan konten informatif yang bertujuan untuk membantu pembaca memahami aspek-aspek yang kompleks dari cryptocurrency dan dompet.

You May Also Like

More From Author

9Comments

Add yours
    • 2
      RizkiCrypto

      Untuk membeli cryptocurrency dengan uang fiat, Anda dapat menggunakan platform P2P atau bursa terpercaya. Risiko yang perlu diwaspadai meliputi volatilitas harga dan potensi kehilangan akses ke wallet. Pastikan untuk melakukan riset menyeluruh sebelum berinvestasi. Semoga berhasil!

  1. 3
    DianSakti86

    Demam cryptocurrency memang menarik, tetapi perlu kehati-hatian dalam menyimpan aset digital. Saya setuju bahwa penggunaan wallet dingin seperti Trezor dan Ledger adalah pilihan terbaik. Keamanan harus selalu menjadi prioritas utama dalam investasi kripto.

  2. 4
    Devi85

    Menurut saya, sangat penting untuk memastikan keamanan penyimpanan aset crypto. Saya lebih memilih untuk menggunakan wallet non-kustodial seperti Trezor dan Ledger agar aset saya tetap aman dari ancaman peretas. Artikel ini memberikan penjelasan yang sangat bermanfaat untuk memahami cara membeli cryptocurrency dengan uang fiat.

  3. 5
    Ira_Wijaya

    Menurut saya, penting bagi para investor pemula untuk memahami dengan jelas cara menyimpan cryptocurrency dengan aman. Pilihan wallet kustodial atau non-kustodial memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun perlu dipilih dengan bijak sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kenyamanan. Artikel ini memberikan panduan yang sangat bermanfaat bagi siapa pun yang ingin memulai investasi dalam dunia cryptocurrency.

  4. 6
    Ratih Suryani

    Demam cryptocurrency sedang melanda sejumlah besar investor yang ambisius. Untuk bergabung dengan “klub,” setiap pendatang baru membutuhkan apa yang tak tergantikan untuk perdagangan crypto—mata uang digital. Di mana mendapatkannya? Sangat mudah—beli dengan uang fiat. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana melakukannya dengan cepat, menguntungkan, dan tanpa risiko. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan cara menyimpan cryptocurrency dan menjelajahi dua metode utama untuk membelinya, lengkap dengan panduan terperinci.

    • 7
      Andi Setiawan

      Ya betul sekali, Ratih. Saat ini memang banyak orang yang tertarik untuk berinvestasi dalam cryptocurrency. Yang paling penting adalah memahami cara membeli dan menyimpannya dengan aman. Artikel ini memberikan panduan yang sangat berguna untuk para pemula yang ingin memulai petualangan di dunia kripto. Terima kasih atas informasinya!

  5. 8
    Rani99

    Demam cryptocurrency ini benar-benar luar biasa! Sangat menarik untuk mengetahui lebih banyak tentang cara membeli kriptovaluta dengan uang fiat. Saya setuju bahwa penting untuk memastikan penyimpanannya yang aman agar terhindar dari risiko. Artikel ini memberikan panduan yang jelas dan berguna untuk pemula seperti saya.

  6. 9
    Putri88

    Dalam artikel ini, saya setuju bahwa sangat penting bagi para investor untuk memilih metode penyimpanan aset digital yang aman. Saya sendiri lebih memilih wallet dingin seperti Trezor dan Ledger karena dianggap sebagai solusi modern paling aman. Tetap waspada terhadap risiko keamanan sangatlah penting saat berinvestasi dalam cryptocurrency.

+ Leave a Comment