Cara Menambahkan Poligon ke Metamask di Indonesia

Estimated read time 6 min read

Bagaimana cara menambahkan poligon ke metamask Indonesia

Metamask adalah ekstensi browser yang sangat populer untuk mengakses jaringan Ethereum. Namun, secara default Metamask tidak terhubung ke jaringan Polygon (sebelumnya dikenal sebagai Matic Network). Oleh karena itu, jika Anda ingin mengakses token dan jaringan Polygon, Anda perlu menambahkannya manual ke Metamask.

Sebelum Anda mulai, pastikan Anda telah memenuhi persyaratan untuk menambahkan jaringan Polygon ke Metamask. Anda perlu memiliki akun Metamask yang sudah terdaftar dan browser yang sudah terinstal.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menambahkan jaringan Polygon ke Metamask:

  1. Buka ekstensi Metamask di browser Anda. Jika Anda belum menginstalnya, Anda dapat menemukannya di Chrome Web Store atau Mozilla Add-Ons.
  2. Klik tombol “Start Now” untuk memulai setup Metamask.
  3. Setelah Anda membuka Metamask, klik ikon roda gigi di kanan atas tampilan dan pilih opsi “Settings”.
  4. Pada halaman Settings, gulir ke bawah dan temukan opsi “Networks”.
  5. Klik tombol “Add Network” untuk menambahkan jaringan baru.
  6. Isi detail jaringan Polygon sebagai berikut:
    • Network Name: Polygon
    • New RPC URL: rpc-mainnet.matic.network
    • Chain ID: 137
    • Symbol: MATIC
    • Block Explorer URL: https://explorer-mainnet.maticvigil.com/
  7. Klik tombol “Save” untuk menyimpan pengaturan jaringan Polygon.

Sekarang, Anda telah berhasil menambahkan jaringan Polygon ke Metamask! Anda dapat memulai menggunakan token dan terhubung ke jaringan Polygon dengan mudah.

Sumber: https://example.com

Lab Requirements

Lab Requirements

Sebelum Anda memulai, ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi untuk melakukan penambahan poligon ke Metamask. Pastikan Anda memenuhi persyaratan ini sebelum melanjutkan ke langkah-langkah berikutnya:

1. Browser dan Ekstensi Metamask

Anda membutuhkan browser yang kompatibel dengan Metamask dan sudah memiliki ekstensi Metamask terpasang. Jika Anda belum memiliki ekstensi ini, Anda dapat mengunduh dan menginstalnya dari sumber tepercaya.

2. Pembacaan dan Pengetahuan

Sebelum Anda memulai, penting untuk membaca dan memahami langkah-langkah dengan seksama. Pastikan Anda memahami setiap langkah dan tidak melewatkan informasi penting apa pun.

3. Jaringan Ethereum Polygon

Anda perlu mengaktifkan jaringan Ethereum Polygon di Metamask Anda sebelum dapat menambahkan poligon ke Metamask. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Metamask dan pastikan Anda telah terhubung ke browser Anda.
  2. Klik pada ikon Metamask di pojok kanan atas browser Anda.
  3. Pilih opsi “Settings” dalam menu yang muncul.
  4. Pilih jaringan Ethereum Polygon dari daftar opsi jaringan yang tersedia.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan dapat menambahkan poligon ke Metamask dan memulai lab. Pastikan Anda memenuhi semua persyaratan ini sebelum memulai untuk memastikan kelancaran Anda dalam melengkapi lab.

Sebelum Anda mengklik tombol Mulai Lab

Sebelum Anda mengklik tombol Mulai Lab

Sebelum Anda mengklik tombol Mulai Lab, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk memastikan bahwa Anda siap untuk memulai lab. Ini adalah langkah-langkah yang harus diikuti agar Anda dapat menambahkan poligon ke Metamask Indonesia:

  1. Instal peramban dan ekstensi Metamask: Pastikan Anda memiliki peramban yang kompatibel dengan Ethereum. Metamask adalah ekstensi browser yang memungkinkan Anda terhubung ke jaringan Ethereum. Jika Anda belum menginstal Metamask, ikuti instruksi di sumber yang diberikan untuk menginstalnya di peramban Anda.
  2. Membaca dan memahami instruksi: Sebelum memulai lab, luangkan waktu untuk membaca instruksi secara seksama. Ini akan membantu Anda memahami langkah-langkah yang harus diikuti dan apa yang diharapkan dari Anda saat menambahkan poligon ke Metamask Indonesia.
  3. Mengatur jaringan: Anda perlu mengatur Metamask Anda untuk terhubung ke jaringan yang tepat. Pastikan Anda mengatur jaringan yang benar agar dapat menambahkan poligon ke Metamask Indonesia. Instruksi langkah demi langkah akan diberikan untuk membantu Anda mengatur jaringan dengan benar.
  4. Menyelesaikan langkah-langkah sebelumnya: Pastikan Anda telah menyelesaikan semua langkah sebelumnya sebelum mengklik tombol Mulai Lab. Ini termasuk menginstal peramban yang kompatibel dengan Ethereum, menginstal ekstensi Metamask, membaca instruksi, dan mengatur jaringan yang tepat di Metamask Anda.

Sekali lagi, pastikan Anda telah memahami dan mengikuti langkah-langkah yang diberikan sebelum mengklik tombol Mulai Lab. Jika Anda melewatkan langkah atau tidak mengatur jaringan dengan benar, Anda tidak dapat menambahkan poligon ke Metamask Indonesia.

Persyaratan dan Pengaturan

Sebelum Anda dapat menambahkan poligon ke Metamask, Anda perlu memenuhi beberapa persyaratan dan mengatur lingkungan Anda. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

  1. Instalasi dan Pengaturan Metamask:

    1. Pastikan Anda memiliki browser yang didukung, seperti Chrome, Firefox, atau Brave.
    2. Pergi ke sumber daya Metamask di browser Anda dan klik tombol “Add to Chrome” atau “Add to Firefox” untuk menginstal ekstensi Metamask.
    3. Buka Metamask setelah selesai menginstal dan buat akun baru atau impor akun yang ada.
    4. Hubungkan Metamask dengan jaringan Ethereum dengan mengklik tombol “Main Network” di kanan atas jendela Metamask dan memilih jaringan yang sesuai.
  2. Menambahkan Poligon ke Metamask:

    1. Pastikan Anda telah membaca dan memahami langkah-langkah di atas.
    2. Pergi ke lab Poligon resmi di web Ethereum Polygon.
    3. Klik tombol “Connect to a Wallet” di bagian atas kanan halaman untuk terhubung ke Metamask Anda.
    4. Klik tombol “Connect” di jendela pop-up Metamask untuk mengizinkan lab Poligon mengakses akun Anda.
    5. Setelah terhubung, klik tombol “Start the Lab” untuk memulai lab Poligon.
    6. Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk menyelesaikan lab dan menambahkan token Poligon ke Metamask Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan dapat menambahkan poligon ke Metamask Anda dan menggunakan token Poligon dalam lingkungan Ethereum.

Sambungkan MetaMask ke Jaringan Polygon

Jaringan Polygon adalah jaringan blockchain yang dikembangkan sebagai versi sampingan dari jaringan Ethereum. Jika Anda ingin menambahkan poligon ke MetaMask Indonesia, Anda perlu melakukan beberapa langkah sederhana yang akan dijelaskan di bawah ini.

Langkah 1: Memulai

Sebelum Anda memulai, pastikan Anda sudah memiliki MetaMask yang terpasang di browser Anda. Jika Anda belum menginstalnya, Anda dapat mengunduhnya dari sumber terpercaya.

Langkah 2: Menghubungkan ke Jaringan Polygon

Setelah Anda memiliki MetaMask terpasang, klik ikon ekstensi MetaMask di browser Anda untuk membukanya. Pada jendela MetaMask, klik ikon yang mirip dengan jaringan di kanan atas.

Ikon MetaMask

Kemudian, klik “Tambahkan Jaringan” untuk membuka pengaturan jaringan.

Langkah 3: Mengatur Jaringan Polygon

Untuk mengatur jaringan Polygon, Anda perlu mengisi informasi berikut:

  • Nama: Polygon
  • RPC URL: https://rpc-mainnet.matic.network
  • Chain ID: 137
  • Simbol Mata Uang: MATIC
  • Block Explorer URL: https://explorer.matic.network

Setelah selesai mengisi informasi tersebut, klik tombol “Simpan” untuk menyimpan pengaturan.

Langkah 4: Menghubungkan ke Jaringan Polygon

Setelah menyelesaikan pengaturan jaringan, Anda akan kembali ke jendela MetaMask. Di bagian atas jaringan, klik jaringan Ethereum lama dan pilih “Polygon” dari daftar jaringan yang tersedia.

Sekarang, MetaMask Anda sudah terhubung ke jaringan Polygon. Anda siap untuk memulai menggunakan token dan berinteraksi dengan aplikasi yang terhubung dengan jaringan Polygon!

Pertanyaan yang Sering Diajukan:

Video:

How To Use Polygon Metamask (2023)

METAMASK WALLET TUTORIAL INDONESIA LENGKAP! (PC dan Android)

Cara membuat metamask dan setting ETH jaringan polygon, Membeli Pre Sale NFTbac

Dita Surya

adalah seorang penulis dan ahli dalam bidang cryptocurrency. Ia memiliki pengetahuan yang mendalam tentang teknologi blockchain dan mata uang digital. Dita telah menulis banyak artikel dan buku tentang topik ini, berbagi pengetahuannya dengan orang lain secara luas. Laporkan diri sebagai seorang pecinta teknologi dan memiliki keahlian yang unik dalam menyampaikan informasi yang kompleks menjadi sederhana dan mudah dipahami.

You May Also Like

More From Author

37Comments

Add yours
    • 2
      Andi

      Ya, ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi sebelum Anda dapat menambahkan jaringan Polygon ke Metamask. Anda perlu memiliki akun Metamask yang sudah terdaftar dan juga browser yang sudah terinstal. Setelah Anda memenuhi persyaratan ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang disebutkan dalam artikel untuk menambahkan jaringan Polygon ke Metamask. Semoga berhasil!

  1. 5
    Anita04

    Menurut saya, cara menambahkan poligon ke MetaMask di Indonesia cukup mudah dan sangat berguna. Sekarang, saya dapat mengakses token dan jaringan Polygon dengan lebih lancar. Terima kasih atas panduan yang jelas dan informatif!

    • 7
      Budi Prasetyo

      Tentu, Anda juga bisa menambahkan jaringan Polygon ke MetaMask versi mobile. Langkah-langkahnya hampir sama dengan versi desktop, namun ada sedikit perbedaan dalam tampilan antarmuka. Buka aplikasi MetaMask di perangkat seluler Anda, masuk ke menu “Settings”, temukan opsi “Networks” dan tambahkan jaringan Polygon dengan detail yang sama seperti pada versi desktop. Semoga berhasil!

    • 10
      Metamask_Enthusiast

      Tidak, Anda tidak perlu memiliki saldo token Polygon untuk mendapatkan akses ke jaringan Polygon. Menambahkan jaringan Polygon ke Metamask hanya akan memungkinkan Anda untuk terhubung ke jaringan dan mengirim atau menerima transaksi tanpa harus memiliki saldo token Polygon. Jadi, Anda dapat mulai menggunakan jaringan Polygon tanpa memiliki saldo token Polygon terlebih dahulu.

    • 14
      Rina

      Selamat datang, Arianto! Setelah Anda menambahkan jaringan Polygon ke Metamask, Anda perlu menambahkan token MATIC secara manual agar muncul di dompet Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:
      1. Buka ekstensi Metamask dan pilih dompet yang terhubung dengan jaringan Polygon.
      2. Di menu utama Metamask, pilih tab “Assets”.
      3. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Add Token”.
      4. Pilih opsi “Custom Token”.
      5. Isi alamat kontrak token MATIC: 0x7d1afa7b718fb893db30a3abc0cfc608aacfebb0
      6. Klik “Next” dan “Add Tokens”.
      Sekarang, token MATIC harus muncul di dompet Anda. Jika belum, pastikan Anda sudah menambahkannya dengan benar dan memiliki saldo token di alamat yang Anda gunakan. Semoga membantu!

    • 17
      Julia_Indonesia

      Ya, sebelum Anda menambahkan jaringan Polygon ke Metamask, Anda perlu memastikan bahwa Anda telah memiliki akun Metamask yang terdaftar dan browser yang sudah terinstal. Setelah itu, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang disebutkan dalam artikel ini untuk menambahkan jaringan Polygon ke Metamask. Semoga berhasil!

    • 22
      Retno Asih

      Tentu saja, Anda juga dapat menambahkan jaringan lain selain Polygon ke Metamask dengan mengikuti langkah-langkah yang sama. Pastikan Anda memiliki detail yang diperlukan untuk jaringan yang ingin Anda tambahkan. Selamat mencoba!

  2. 23
    Rahman

    Menurut saya, penambahan poligon ke MetaMask ini sangat penting untuk meningkatkan aksesibilitas ke jaringan Polygon di Indonesia. Dengan memiliki akses yang mudah, pengguna dapat dengan cepat mengakses token dan berpartisipasi dalam ekosistem Polygon. Terima kasih atas panduan yang jelas dan langkah-langkah yang disediakan dalam artikel ini.

  3. 25
    Adi Wijaya

    Terima kasih atas panduannya! Saya baru belajar tentang MetaMask dan artikel ini sangat membantu saya dalam menambahkan jaringan Polygon. Saya sangat senang sekarang bisa mengakses token dan jaringan Polygon dengan mudah. Semoga artikel lainnya juga semudah ini untuk diikuti!

    • 27
      Rico_Terbuka

      Setelah menambahkan jaringan Polygon ke Metamask, Anda bisa memeriksanya dengan cara membuka dropdown “Network” di sudut kanan atas Metamask. Pastikan Anda telah memilih “Polygon” di antara jaringan-jaringan yang tersedia. Jika berhasil terhubung, Anda akan melihat saldo token Polygon Anda dan bisa memulai transaksi dengan jaringan tersebut. Semoga membantu!

  4. 28
    Rani65

    Metamask adalah alat yang sangat bermanfaat untuk mengakses jaringan Ethereum, namun sayangnya belum terhubung langsung ke Poligon. Sangat penting bagi pengguna untuk menambahkannya secara manual agar bisa mulai menggunakan token dan jaringan Poligon. Langkah-langkah yang disarankan di artikel ini sangat membantu untuk pengguna di Indonesia.

    • 30
      TonoBijaksana87

      Setelah menambahkan jaringan Polygon ke Metamask, Anda dapat memastikan pengaturan yang sudah benar dengan cara melihat simbol MATIC dan nama jaringan “Polygon” di bagian atas Metamask. Anda juga dapat memverifikasi dengan mencocokkan Chain ID jaringan, yaitu 137, serta memeriksa bahwa RPC URL dan Block Explorer URL sesuai seperti yang tercantum dalam artikel. Semoga informasi ini membantu!

    • 32
      Rudi Santoso

      Untuk menghapus jaringan Polygon dari Metamask, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:
      1. Buka aplikasi Metamask di browser Anda.
      2. Klik ikon roda gigi di kanan atas tampilan dan pilih opsi “Settings”.
      3. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan jaringan Polygon yang telah ditambahkan sebelumnya.
      4. Hover mouse di atas jaringan Polygon, dan Anda akan melihat opsi “Delete”.
      5. Klik “Delete” untuk menghapus jaringan Polygon dari Metamask.
      Dengan melakukan langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menghapus jaringan Polygon dan menambahkan jaringan lain sesuai kebutuhan.

  5. 33
    Adinda28

    Menurut saya, cara menambahkan poligon ke MetaMask ini sangat membantu untuk terhubung dengan jaringan Polygon. Saya senang bisa mengakses token dan jaringan Polygon tanpa masalah setelah mengikuti langkah-langkah ini. Terima kasih atas panduan yang jelas!

  6. 34
    Adinda94

    Metamask adalah extension browser yang sangat populer untuk mengakses jaringan Ethereum. Namun, secara default Metamask tidak terhubung ke jaringan Polygon (sebelumnya dikenal sebagai Matic Network). Oleh karena itu, jika Anda ingin mengakses token dan jaringan Polygon, Anda perlu menambahkannya manual ke Metamask. Sebelum Anda memulai, pastikan Anda telah memenuhi persyaratan untuk menambahkan jaringan Polygon ke Metamask. Anda perlu memiliki akun Metamask yang sudah terdaftar dan browser yang sudah terinstal. Berikut adalah langkah-langkah untuk menambahkan jaringan Polygon ke Metamask: Buka extension Metamask di browser Anda. Jika Anda belum menginstalnya, Anda dapat menemukannya di Chrome Web Store atau Mozilla Add-Ons. Klik tombol “Start Now” untuk memulai setup Metamask. Setelah Anda membuka Metamask, klik ikon roda gigi di kanan atas tampilan dan pilih opsi “Settings”. Pada halaman Settings, gulir ke bawah dan temukan opsi “Networks”. Klik tombol “Add Network” untuk menambahkan jaringan baru. Isi detail jaringan Polygon sebagai berikut: Network Name: Polygon New RPC URL: rpc-mainnet.matic.network Chain ID: 137 Symbol: MATIC Block Explorer URL: https://explorer-mainnet.maticvigil.com/ Klik tombol “Save” untuk menyimpan pengaturan jaringan Polygon. Sekarang, Anda telah berhasil menambahkan jaringan Polygon ke Metamask!

  7. 36
    Anindya Putri

    Metamask adalah ekstensi browser yang sangat populer untuk mengakses jaringan Ethereum. Namun, secara default Metamask tidak terhubung ke jaringan Polygon (sebelumnya dikenal sebagai Matic Network). Oleh karena itu, jika Anda ingin mengakses token dan jaringan Polygon, Anda perlu menambahkannya manual ke Metamask.
    Sebelum Anda mulai, pastikan Anda telah memenuhi persyaratan untuk menambahkan jaringan Polygon ke Metamask. Anda perlu memiliki akun Metamask yang sudah terdaftar dan browser yang sudah terinstal.
    Berikut adalah langkah-langkah untuk menambahkan jaringan Polygon ke Metamask:
    Buka ekstensi Metamask di browser Anda. Jika Anda belum menginstalnya, Anda dapat menemukannya di Chrome Web Store atau Mozilla Add-Ons.
    Klik tombol “Start Now” untuk memulai setup Metamask.
    Setelah Anda membuka Metamask, klik ikon roda gigi di kanan atas tampilan dan pilih opsi “Settings”.
    Pada halaman Settings, gulir ke bawah dan temukan opsi “Networks”.
    Klik tombol “Add Network” untuk menambahkan jaringan baru.
    Isi detail jaringan Polygon sebagai berikut:
    Network Name: Polygon
    New RPC URL: rpc-mainnet.matic.network
    Chain ID: 137
    Symbol: MATIC
    Block Explorer URL: https://explorer-mainnet.maticvigil.com/
    Klik tombol “Save” untuk menyimpan pengaturan jaringan Polygon.
    Sekarang, Anda telah berhasil menambahkan jaringan Polygon ke Metamask! Anda

+ Leave a Comment